Senin, 21 April 2008

STRATEGI PEMBELAJARAN IPA ( BIOLOGI) SISWA SLTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005 DI SMU 49 JAKARTA SUATU HASIL PENGAMATAN EMPIRIK BELAJAR IPA ( BIOLOGI )

PENGALAMAN BELAJAR IPA ( BIOLOGI ) DI SMU

Kenyataan bahwa saya memang mencintai pelajaran Biologi memang tidak terlepas dari pengalaman saya yang mengasikan dalam mempelajari biologi dari mulai SMP sampai akhirnya saya memutuskan untuk masuk jurusan IPA di SMU.

Ketika penjurusan IPA, belajar biologi menjadi semakin menyenangkan karena pada waktu itu guru biologi saya benar-benar membuat pelajaran biologi yang biasanya dilakukan dengan tipe penghapalan menjadi lebih menyenangkan tidak membosankan.Contoh nyata adalah ketika guru biologi saya membawa murid-muridnya kepada sebuah cerita menarik yang pada akhirnya cerita tersebut berhubungan dengan materi yang sedang diajarkan. Menurut saya strategi tersebut membuat para siswa menjadi lebih rileks dalam menerima pelajaran.

Buat saya, tipe pengajaran yang diberikan guru biologi saya ketika SMU sangat menyenangkan. Didukung oleh media dan sarana yang lumayan memadai serta ada beberapa waktu dilakukan pengamatan langsung dilapangan maupun penelitian yang dilakukan didalam laboratorium.

Walaupun semua metode tersebut telah dijalankan, namun masih dirasa kurang memuaskan dan mencapai target, karena menurut saya masih jarang siswa pada angkatan saya tersebut yang mengambil jurusan biologi setelah mereka lulus dari SMU dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Tetapi buat saya, belajar biologi akan terus menarik walaupun metode yang digunakan pada setiap institusi berbeda-beda. Saya berkeyakinan bahwa mengambil jurusan biologi adalah langkah yang tepat, Karena biologi adalah bagian ilmu yang tidak akan lepas dari ilmu-ilmu lain yang ada saat ini.

PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI KETIKA SMU DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SEKARANG

Strategi pembelajaran biologi yang pernah saya terima ketika SMU sudah cukup baik, metrodenya bersifat induktif walupun pada tekniknya terkadang masih bersifat induktif dan menurut saya hal tersebut sah-sah saja selama tidak keluar dari jalur materi dan tujuan pembelajaran.

Ketika SMU saya merasa cenderung masih banyak menghapal daripada memahami tetapi tetap dapat mencapai target materi, sedangkan yang saya terima saat ini metodenya masih belum jelas dan tidak beraturan, bahkan terkadang tidak sampai pada target pembelajaran tetapi saya rasa walaupun tidak beraturan, setiap pembahasan dapat memperluas pengetahuan diluar dari materi.

Saya berharap apa yang saya dapat saat ini tidak hanya sekedar “transfer of knowledge” tetapi juga “transfer of values”

Nama : Ririn Riana Resty

NPM : 2006 41 500 005

Prodi : Pendidikan Biologi

Tidak ada komentar: