S I L A B U S
Nama sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | Ruang lingkup Biologi · Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya | · Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup*) yang berkaitan dengan ilmu Biologi. · Menganalisis kedudukan ilmu Biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK menggunakan diagram/charta keilmuan melalui diskusi. *) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. | · Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi. · Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. · Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi. | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk, pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, perpustakaan, internet. Alat: OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar-gambar/CD/ VCD objek biologi, charta/diagram keilmuan. |
| | | | | | |
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) | Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan · Objek Biologi. · Masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan · Metoda ilmiah | · Menganalisis apa saja yang menjadi objek biologi *) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD/buku referensi yang sesuai mulai dari molekul sampai bioma melalui kerja kelompok. · Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan *) dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. · Menyaksikan VCD/CD/foto-foto/gambar-gambar tentang kerja seorang ahli biologi memecahkan masalah keilmuan · Diskusi kelas menemukan sistematika metoda ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli/contoh pemecahan masalah. *) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem masing-masing daerah/wilayah. | · Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. · Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma. · Memberikan contoh masalah dan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. · Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. · Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah. · Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. Jenis Tagihan: Tugas Individu, Ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, Bahan presentasi, Berbagai gambar tingkat organisasi kehidupan, CD/VCD objek biologi. |
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan | Virus · Ciri-ciri virus | · Mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan referensi gambar/ charta/foto dari buku-buku literatur melalui tugas individu. · Menganalisis struktur tubuh virus membandingkannya dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik, seluler eukariotik dan yang multiselluler menggunakan gambar/foto melalui diskusi kelas. · Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok. | · Mengidentifikasi ciri-ciri virus. · Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya. · Menggambarkan struktur tubuh virus. · Membuat model virus tiga dimensi (3D). | Jenis Tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto berbagai macam virus dan berbagai makhluk hidup, manik-manik/ bola pingpong/kayu dsb., lem |
| · Replikasi virus. · Peranan virus dalam kehidupan. | · Melakukan kajian literatur menemukan cara virus hidup dan melakukan replikasi pada sel/ jaringan hidup melalui tugas individu. · Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literatur melalui kegiatan diskusi. · Mencari informasi tentang peran virus yang menguntungkan ataupun merugikan bagi kehidupan dari berbagai sumber media/buku melalui penugasan individu terstruktur. · Mengidentifikasi cara-cara menghindari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Hepatitis, Flu burung dll., melalui studi literatur atau kegiatan observasi lapangan ke Puskesmas/klinik terdekat melalui penugasan individu terstruktur. | · Menjelaskan cara hidup virus. · Menjelaskan cara replikasi virus. · Membuat charta replikasi virus. · Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan. · Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan. · Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll. | Jenis Tagihan: Tugas individu, ulangan harian, ulangan semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, puskesmas/ klinik/ petugas kesehatan terdekat. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto : replikasi virus, akibat serangan virus pada tumbuhan, hewan, dan manusia. |
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeo bacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan | Archaebacteria dan Eubacteria. · Ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria. · Perkembangbiakan Archebacteria dan Eubacteria. | · Mengisolasi bakteri dari lingkungan (air, udara, tanah), mengamati koloni bakteri melalui kerja praktik kelompok. · Melakukan studi litertatur menemukan ciri-ciri koloni, struktur tubuh bakteri, dan berbagai jenis bakteri berdasarkan bentuknya secara individu · Melakukan kajian literatur menemukan cara bakteri berkembangbiak melalui kerja mandiri. | · Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria · Membedakan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria. · Menjelaskan cara mengisolasi bakteri. · Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri. · Membuat charta perkembangbiakan bakteri. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, Tugas indiviidu, unjuk kerja, Ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar sekolah. Alat: Autoklap, panci, kompor, kaca pireks, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus, OHP/Komputer/ LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Bubuk agar-agar, air kaldu, Gambar/ film bakteri, gambar-gambar makhluk hidup lain, sediaan mikroskopis bakteri. |
| · Peranan Archebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan. | · Melalui diskusi kelas mengidentifikasi dari berbagai sumber literatur menemukan peranan berbagai bakteri dalam kehidupan. · Membuat nata de coco, yoghurt, dll melalui praktik kerja kelompok. *) *) Dapat dibelajarkan pembuatan produk makanan yang sesuai dengan kondisi khas daerah/wilayah masing-masing. | · Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan · Membuat nata de coco, yoghurt, dll. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian , u;angan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: Panci, kompor, loyang plastik, botol, pembakar spiritus, OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Starter nata de coco, yoghurt, Gambar/ ffoto proses pembuatan nata decoco, yoghurt dll. |
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan. | Protista · Ciri-ciri umum Protista. - Ciri-ciri Protista mirip jamur | · Melakukan kajian literatur menemukan ciri-ciri umum protista dan berbagai golongan nya (mirip jamur, mirip alga, mirip hewan) melalui kerja kelompok. · Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami dll., menemukan karakteristik protista lainnya melalui kerja kelompok. · Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme golongan Protista melalui diskusi kelas. | · Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista · Membedakan organisme Protista mirip jamur,, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan. · Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 3X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup. Bahan: LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain. |
| - Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga). - Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa) | · Melakukan kajian literatur cara-cara perkembangbiakan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok. · Membuat charta berbagai cara perkembangbiakan dan daur organisme golongan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok. | · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan Protista. · Membuat Charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 3X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup. Bahan: LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain. |
| · Peranan protista dalam kehidupan. | · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan protista bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur individu. | · Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan. · Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. | Jenis tagihan: Tugas mandiri, ulangan. Bentuk instrumen: Produk (laporan kajian litertatur) tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, koran/majalah Alat: - Bahan: LKS. |
| | | | | | |
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur ber-dasarkan hasil peng-amatan, percobaan, dan kajian literatur serta pera-nannya bagi kehidupan | Jamur (Fungi) · Ciri-ciri jamur. · Pengelompokan jamur · Reproduksi jamur | · Melakukan pengamatan jamur mikroskopis dan makroskopis melalui kerja kelompok, mengidentifikasi ciri-ciri dan strkturnya. · Mengidentifikasi dasar-dasar pengelompokkan berbagai jenis jamur melalui tugas individu berstruktur. · Melakukan kajian dari buku literatur tentang cara-cara reproduksi jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. · Membuat charta daur hidup jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. · Menganalisis perbedaan spora vegetatif dan generatif dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. | · Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi. · Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi. · Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan. · Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfolginya. · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur. · Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur. · Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan. Bentuk tagihan: Produk (laporan hasil pengamatan, hasil identifikasi struktur tubuh jamur dari berbagai golongan), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk tagihan: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2 X 45’ 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: Mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pipet, gelas kimia, Panci, dandang, OHP/ komputer/LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, jamur mikroskopis dan jamur makroskopis. Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, charta daur hidup jamur. |
| · Peranan jamur dalam kehidupan | · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan jamur bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur secara kelompok. · Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur, seperti tape ketan, tape singkong, tempe dengan kerja kelompok, dll.*) *) Dapat dibelajarkan pembuatan makanan fermentasi dari jamur yang khas sesuai dengan daerah/wilayah masing-masing. | · Menunjukkan contoh jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya. · Menjelaskan contoh peran jamur bagi kehidupan. · Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk tagihan: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, panci, kompor, tampah. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, jamur tempe, ragi dll., kedelai, nasi ketan, singkong. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA ...........................
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Mendeskripsikan konsep keaneka- ragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan | Konsep keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem · Keanekaragaman gen · Keanekaragaman jenis · Keanekaragaman ekosistem | · Melakukan pengamatan keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitarnya dan mengelompokkan sesuai jenisnya masing-masing*). · Mengelompokkan tumbuhan yang sama jenisnya dan menemukan keanekaragaman pada satu jenis tumbuhan, seperti ukuran daun, warna bunga, tinggi pohon dll. dari tumbuhan yang diamati. · Mengidentifikasi jenis organisme khas daerah/wilayah *) seperti salak condet (DKI Jakarta), salak pondoh (DI Yogyakarta), Butun dan Ketapang (wilayah pesisir pantai) lingkungan sekitar tempat tinggal dan mendeskripsikan keanekaragaman gennya. *) Dapat dinamkkan ciri khas kekayaan ekosistem daerah/ wilayah masing-masing. · Melakukan kajian dari gambar-gambar/foto/film berbagai ekosistem dan daerah persebarannya di dunia/Indonesia menemukan konsep dasar keanekargaman ekosistem. · Mengidentifikasi ekosistem khas yang ada dilingkungan sekitar*) seperti ekosistem tanah gambut, ekosistem rawa, ekosistem kolam, ekosistem padang rumput dll, meliputi komponen biotik dan abiotiknya. · Melakukan kajian akibat yang mungkin ditimbulkan oleh perubahan pada jumlah dan jenis keanekaragaman makhluk hidup terhadap keseimbangan ekosistem *) Dapat dinampakkan kekayaan ekosistem daerah/wilayah masing-masing. | · Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup. · Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman. · Mendiskripsi jenis organisme khas daaerah/wilayah. · Membandingkan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem. · Mengenali kekhasan berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar. · Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem. · Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan . · Menganalisis kemungkinan yang terjadi akibat perubahan jumlah dan jenis keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan. . . | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk iinstrumen Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, dan tes uraian. Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk iinstrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, dan tes uraian. | 2x45’ 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: Kaca pembesar, OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi. Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: Kaca pembesar, OHP/Komputer, LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, bahan presentasi, gambar/foto/film berbagai ekosistem. |
| | | | | | |
3.2 Mengkomunikasi-kan keanekaraga-man hayati Indoneia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam | · Keanekaragaman hayati Indonesia | · Mendata dengan membuat tabel keanekaragaman hewan, tumbuhan dan mikroorganisme khas biogeo-grafi Indonesia dan pemanfaatan-nya.dari berbagai sumber literatur. · Menganalisis berdasarkan data organisme yang diperoleh dan mengelompokkannya menjadi organisme yang tidak bernasalah dan bermasalah karena langka, mendekati punah, atau sudah punah yang menjadi kekayaan Indonesia. · Menghimpun data kelompok dan melakukan diskusi kelas dari data yang diperoleh tentang keaneka-ragaman hayati Indonesia dan cara-cara mengembangkannya. | · Menjelaskan pola sebaran hewan/tumuhan Indonesia · Memberikan contoh keanekaragaman hayati Indonesia dan pemanfaatannya. berdasarkan biogeografinya. · Menunjukkan organisme yang bermasalah yang menjadi kekayaan Indonesia. · Menjelaskan cara pelestarian/pengembangan organisme kategori bermasalah. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, dan tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, peta biogeografi dunia dan Indonesia., Gambar /film/foto berbagai jenis hewan dan tumbuhan Indonesia. |
| · Hutan hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah · Usaha-usaha pelestarian keanekargaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ. | · Melakukan kajian literatur/ menyaksikan VCD tentang hujan tropis Indonesia menemukan kekhasan, ciri-ciri, fungsinya dan masalah yang terjadi. · Menganalisis dampak pertanian monokultur terhadap keanekaragaman hayati . · Menggali informasi dari berbagai literatur tentang usaha pelestarian keanekaragaman di Indonesia serta kendalanya | · Menunjukkan ciri khas hutan hujan tropis Indonesia. · Menemukan permasalahan yang terjadi pada hutan hujan tropis Indonesia dan pemecahan masalahnya. · Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan. · Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia. | Jenis tagihan: Tugas Individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, kuis. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, dan tes uraian uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, bahan presentasi, VCD/CD hutan hujan tropis Indonesia, gambar/foto pertanian monokultur, pelestarian in-situ/ex-situ. |
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi | Plantae · Ciri-ciri umum plantae · Tumbuhan lumut | · Menggunakan contoh tumbuhan yang dibawa siswa (lumut, paku, tumbuhan biji) menemukan ciri-ciri umum plantae dan ciri-ciri tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji dari hasil pengamatan. · Menemukan dasar pengelompokkan tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji. · Melakukan studi literatur menemukan penggolongan aneka tumbuhan pada tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji. | · Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae. · Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciri-cirinya. · Mengklasifikasi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, Kaca pembesar, pisau, centong, cangkul. Bahan: LKS, Bahan presentasi, berbagai jenis tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji. |
| · Tumbuhan paku · Tumbuhan biji (Spermatophyta). | · Mengindentifikasi alat dan cara reproduksi lumut, paku dan tumbuhan biji (angiospermae dan gymnospermae). · Membuat charta daur hidup dari tumbuhan lumut, paku dan biji melalui kerja kelompok. | · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji. · Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. | Jenis tagihan: Tugas tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semster. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer/ LCD, Kaca pembesar, pisau, centong. Bahan: LKS, bahan presentasi Berbagai jenis tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji. |
| · Peranan plantae bagi kelangsungan hidup di bumi. | · Menggali informasi nama-nama daerah tanaman yang tumbuh di lingkungan sekitarnya, peran dan manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat sekitar (misalnya tanaman obat, peneduh, penghasil getah, bumbu masak dll). · Membuat tabel hasil penggalian informasi pemanfaatan plantae di lingkungan masyarakat sesuai pengamatannya. | · Menjelaskan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungan · Memberikan contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai tinggi untuk berbagai kebutuhan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semster. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi Berbagai jenis tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan biji. |
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan | Animalia · Ciri-ciri umum Animalia - Invertebrata - Peranan invertebrata bagi kehidupan | · Melakukan pengamatan gambar/ VCD berbagai hewan, menemukan ciri-ciri animalia. · Melakukan kajian literatur tentang ciri-ciri setiap filum dalam kingdom animalia. · Mengidentifikasi hewan invertebrata, seperti insekta, moluska dll. *), dengan kunci determinasi sederhana. · Menggali informasi dengan membuat tabel data tentang peranan invertebrata bagi kehidupan. *) Dapat dinampakkan potensi kekayaan invertebrata khas wilayah/daerahnya. | · Menjelaskan ciri-ciri umum animalia. · Mengidentifikasi karakteristik berbagai filum anggota kingdom animalia. · Menyusun kunci determinasi sederhana hewan invertebrata. · Membuat data berbagai spesies hewan invertebrata dari berbagai golongan yang bermanfaat bagi kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 4X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: CD/VCD player, alat-alat bedah, papan bedah, OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, kunci determinasi sederhana invertebrata, bahan presentasi, hewan invertebrata. |
| - Hewan Vertebrata. - Peranan Vertebrata dalam kehidupan. | · Melakukan pengamatan morpologi, anatomi berbagai hewan vertebrata diperbandingkan. · Melakukan kajian dari berbagai sumber membuat tabel pemanfaatan berbagai hewan vertebrata *) dari berbagai golongan dalam kehidupan. *) Dapat dibelajarkan kekhasan pemanfaatan spesies hewan vertebrata khas wilayah/daerah setempat. | · Mengidentifikasi ciri-ciri morpologi, anatomi berbagai hewan vertebrata. · Membedakan struktur anatomi hewan vertebrata dari berbagai golongan. · Menyusun tabel berbagai hewan vertebrata yang bermanfaat bagi kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: CD/VCD player, alat-alat bedah, papan bedah, OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, berbagai hewan vertebrata , gambar/foto/CD/VCD morfologi-anatomi vertebrata, bahan presentasi. |
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta peman-faatan komponen ekosistem bagi kehidupan | · Komponen ekosistem · Aliran energi | · Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem, seperti terumbu karang, hutan bakau, rawa dll. *). · Menganalisis hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosistenm yang diamati. · Menganalisis kemungkinan diperolehnya keseimbangan/ ketidakseimbangan lingkungan karena rusaknya atau terganggu-nya salah satu komponen ekosistem yang diamati dan mengganggu aliran energi. · Mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidakseimbangan lingkungan. · Melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan di sekitar sekolah sebagai hasil introspeksi diri atas peranan diri terhadap lingkungan. · Melakukan penananam pohon di lingkungan sekolah dan di sekitar sekolh sebagai hasil refleksi diri terhadap lingkungan. *) Dapat dikenalkan kekhasan ekosistem daerah/wilayahnya masing-masing. | · Menganalisis komponen penyusun ekosistem tertentu. · Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya · Menganalisis terjadinya ketidakseimbangan ekosistem · Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem. · Menjelaskan faktor-faktor pendukung terjadinya keseimbangan ekosistem. · Menanam pohon di lingkungan sekolah dengan penugasan terstruktur. · Menilai kondisi ekosistem lingkungan sekolah. | Jenis tagihan: Tugas mandiri, Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: Cangkul, sekop, sendok semen, linggis. Bahan: LKS, berbagai jenis tanaman stek/cangkok. |
| · Daur biogeokimia. | · Melakukan kajian literatur menemukan berbagai siklus biogeokimia dalam ekosistem. · Membuat charta berbagai daur biogeokimia, seperti daur air, karbon, nitrogen, sulfur, posfor dll. · Diskusi tentang siklus biogeokimia dan pentingnya peran mikroorganisme/organisme dalam siklus tersebut | · Menjelaskan daur biogeokimia, seperti air, karbon, nitrogen, sulfur, posfor. · Menjelaskan peran mikroorganisme/organisme dalam berbagai daur biogeokimia. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda dan tes uraian | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta daur biogeokimia. |
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan | Kegiatan manusia dan masalah lingkungan · Perusakan lingkungan | · Melakukan studi dari berbagai laporan media mengenai perusakan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar , seperti rusaknya terumbu karang, rusaknya hutan bakau, rusaknya hutan dekat pemukiman dll.*) · Mendiskusikan secara kelompok menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah. *) Disesuaikan dengan masalah kerusakan lingkungan di wilayah/ daerahnya masing-masing. | · Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan. · Membuat usulan alternatif pemecahan temuan masalah kerusakan lingkungan. · Menilai kondisi masalah lingkungan daerah/wilayah tertentu. | Jenis tagihan: Tugas mandiri, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, tabung reaksi, gela kimia rak tabung reaksi. Bahan: LKS, bahan presentasi, air, ikan, metilyn blue, deterjen/asap rokok. |
| · Pencemaran lingkungan | · Melakukan percobaan polusi air/ udara menemukan pengaruh polutan terhadap kelangsungan kehidupan makhluk hidup melalui kerja kelompok. · Mendiskusikan pengaruh bahan polutan terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup. | · Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan. · Memberikan contoh bahan-bahan polutan. · Menjelaskan dampak suatu bahan polutan terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup. | | | |
| · Pelestarian lingkungan | · Melakukan kajian/diskusi melalui literatur/wacana menemukan cara-cara/usaha-usaha dan perilaku beretika lingkungan. · Membuat usulan rencana perbaikan/pelestarian lingkungan rumah masing-masing melalui penugasan berstruktur. | · Menjelaskan tentang hidup beretika lingkungan. · Mengenal cara-cara perbaikan/ pelestarian lingkungan | Jenis tagihan: Tugas individu berstruktur, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan rumah. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi |
4.3 Mengana-lisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah | · Limbah dan daur ulang - Jenis-jenis limbah | · Mendata limbah rumah tangga masing-masing selama 2 hari terakhir dan mengelompokkannya menjadi limbah organik dan anorganik melalui penugasan. · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber literatur/koran/ majalah dll. tentang limbah golongan B3 (berbahaya). · Melakukan diskusi kelas tentang jenis-jenis limbah. · Menilai perilaku anggota masyarakat terhadap penanganan limbah melalui pengamatan dengan penugasan. | · Menjelaskan jenis-jenis limbah. · Mengklasifikasi limbah organik dan anorganik. · Menjelaskan jenis limbah bahan beracun berbahaya (limbah B3) · Mengidentifikasi jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, ulangan. Bentuk instrumen: Produk (laporan data hasil identifikasi jenis limbah di rumah dan lingkungan), pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, rumah, lingkungan sekolah/rumah. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, koran/ majalah, gambar-gambar/foto-foto. |
4.4 Membuat produk daur ulang limbah | · Mendesain produk · Memilih alat dan bahan · Membuat produk | · Mendesain produk daur ulang sederhana melalui tugas rumah tidak berstruktur. · Memilih dan menentukan bahan yang akan dimanfaatkan sebagai produk daur ulang. · Menentukan alat-alat yang akan digunakan. · Membuat produk daur ulang di sekolah. | · Mendesain produk daur ulang. · Memilih bahan limbah untuk daur ulang. · Mempersiapkan alat dan bahan sesuai keperluan yang direncanakan. · Membuat produk baru yang berguna dari bahan limbah. | Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja dan pengamatan sikap. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: Sesuai kebutuhan siswa masing-masing. Bahan: Sesuai kebutuhan siswa masing-masing. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar