Jumat, 10 Oktober 2008

pendahuluan fisiologi hewan

1.



1. Mengapa fisiologi selalu dikaitkan dengan anatomi, kimia, dan fisika ?

Fungsi dan struktur tubuh memiliki hubungan yang sangat erat. Untuk mempelajari fungsi jaringan atau organ tertentu, terlebih dahulu kita harus memahami struktur organ atau jaringan yang dimaksud. Fisiologi juga berkaitan dengan kimia dan fisika, dimana metabolisme yang dipelajari didalam fisiologi merupakan hasil dari proses fisika dalam bentuk gerak yang kemudian berlanjut melalui prosesmetabolisme secara kimia, sehingga anatomi , kimia dan fisika secara langsung maupun tidak langsung selalu saling terkait.

2. Berikan contoh hubungan fisiologi dengan genetika dan fisiologi dengan ekolog ?

Dalam proses kehidupan, secara genetika system fisiologi dalam satu spesies cenderung sama, hanya saja terdapat sedikit varian dari proses fisiologi tersebut.

Contoh : Secara fisiologi , hewan berdarah panas memiliki rhesus darah yang sama oleh induknya.

Ekologi mempengaruhi sistem fisiologi, dimana untuk dapat bertahan hidup harus menjaga stabilitas lingkungan seperti PH, suhu tubuh, kadar garam, kandungan air dan nutrient.

Contoh : Mamalia yang menyesuaikan kondisi tubuhnya untuk mengatur factor-faktor lingkungan tersebut.

3. Buatlah Informasi tentang sel hewan dan gambarnya !

Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan.

Tidak ada komentar: